Wali Kota Subulussalam Luncurkan Plasma PT. Laot Bangko

InfoSAWIT, SUBULUSSALAM – Program perkebunan plasma PT Laot Bangko telah diluncurkan pada Selasa, 31 Mei 2022.

Peluncuran plasma sawit itu ditandai dengan penyerahan sertifikat lahan secara simbolik yang dilakukan oleh Wali Kota Subulussalam, Affan Alfian Bintang bersama Wakilnya, Salmaza yang juga turut disaksikan oleh Kepala Perwakilan Kantor Pertanahan Kota Subulussalam, Heriansyah, Ketua Komisi A DPRK Subulussalam, Dolly S Cibro, Sekretaris Daerah Kota Subulussalam, Taufit Hidayat dan Manajer PT Laot Bangko, Aula Pius G Manik, yang dilaksanakan di gedung LPSE Sekretariat Daerah Kota Subulussalam.

Sertifikat tersebut diserahkan secara simbolik kepada tiga orang warga sebagai perwakilan dari koperasi, dari delapan jumlah koperasi yang ada.

Koperasi tersebut tersebar di delapan desa di tiga wilayah Kecamatan yang merupakan letak areal perusahaan perkebunan kelapa sawit Laot Bangko Bangko beroperasi. Adapun desa-desa tersebut diantaranya, untuk wilayah Kecamatan Sultan Daulat yaitu, Desa Singgersing, Desa Namo Biaya dan Desa Batu Napal.

Sedangan wilayah Kecamatan Simpang Kiri adalah Desa Kuta Cepu dan Desa Tangga Besi. Kemudian, untuk wilayah Kecamatan Penanggalan, yakni Desa Sikelang, Desa Kampung Baru dan Desa Jontor.

Kepala Perwakilan Kantor Pertanahan Kota Subulussalam, Heriansyahmengatakan, adapun jumlah petani yang mendapat sertifikat lahan plasma adalah sebanyak 408 orang.

“Yang kita lakukan hari ini adalah peluncuran plasma sawit yang ditandai dengan penyerahan sertifikat secara simbolik kepada perwakilan koperasi. Ada tiga koperasi yang kita undang untuk menerima sertifikat tersebut,” kata Heri.

Namun, lebih lanjut Heri menjelaskan bahwa sertifikat tersebut tidaklah dibagikan secara personal kepada masyarakat. Melainkan sertifikat itu nantinya akan diberikan kepada pihak manajemen PT Laot Bangko dengan diketahui oleh ketua koperasi masing-masing.

“Tapi perlu diluruskan bahwa sertifikat ini tidak dibagikan secara langsung kepada masyarakat, tetapi sertifikat itu nantinya diserahkan kepada PT Laot Bangko dengan diketahui oleh ketua koperasi. Penyerahan yang kita lakukan ini adalah bersifat simbolis saja, sebagai telah diluncurkannyanya plasma PT Laot Bangko,” jelas Heri. (T3)

Artikel ini telah tayang di infosawit.com dengan judul © Berita Sawit – Wali Kota Subulussalam Luncurkan Plasma PT Laot Bangko.


Sumber : https://www.infosawit.com/news/12498/wali-kota-subulussalam-luncurkan-plasma-pt-laot-bangko